@nadiaazka
YOT CA Batch 4
Institut Pertanian Bogor

" /> Youngontop - Tugas Kelompok? Cincailah!

Detail Notes

Tugas Kelompok? Cincailah!


Halo YOTers! Akhir-akhir ini saya sedang banyak tugas kuliah di kampus dan seluruh tugas tersebut adalah tugas kelompok. Banyak teman-teman yang mengeluh jika dosen memberikan tugas kelompok. Mereka tidak menyukai tugas kelompok dengan berbagai alasan seperti kesulitan menemukan jadwal yang tepat untuk bertemu teman sekelompok, kesulitan menggabungkan ide masing-masing, serta kesulitan mengahadapi teman sekelompok yang tidak kooperatif.

Thanks God, saya tidak bermasalah dengan tugas kelompok dalam perkuliahan. Alhamdulillah, selama ini kelompok saya selalu menyelesaikan tugas sebelum deadline. Meskipun kadang ada perbedaan pendapat, kami dapat mengatasinya. Beberapa teman dari kelompok lain sempat "curhat" kepada saya mengenai permasalahan yang ada di kelompoknya dan mereka juga bertanya, apa saja yang saya dan kelompok saya lakukan sehingga dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

Berikut tips dari saya dan teman sekelompok saya.

1) Berkumpul
Berkumpul tidak harus secara fisik bertemu di suatu tempat yang sama dalam satu waktu yang sama. Jika anggota kelompok memiliki kesibukan masing-masing, YOTers dapat berkumpul secara virtual dengan membuat grup di instant messaging seperti BBM, WhatsApp, atau Line.

2) Ambil inisiatif
Jangan menunggu teman sekelompok mengusulkan sesuatu. YOTers harus mengambil inisiatif untuk memulai dengan menanyakan ke seluruh anggota kelompok mengenai keberlanjutan tugas secepatnya. Musyawarahkan tema tugas, pembagian tugas, serta deadline.

3) Jangan menunda
Walaupun deadline tugas masih lama, jangan menunda-nunda proses 'berkumpul' dan 'inisiasi pembagian tugas'. Semakin lama menunda, semakin lama tugas selesai, semakin dekat dengan deadline. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi beberapa hari atau bulan ke depan, jadi lakukanlah secepatnya dan jangan menunda.

4) Musyawarah
Sesuai dengan Pancasila, musyawarah perlu dilakukan termasuk dalam penyelesaian tugas kelompok. Seluruh anggota harus menyuarakan pendapatnya dan berdiskusi untuk menentukan pilihan terbaik. Jangan sampai hanya satu atau dua orang yang menjadi pengambil keputusan sehingga anggota lainnya tidak dilibatkan.

5) Berikan reminder
Kadangkala, manusia lupa, bahkan dengan deadline tugas. Oleh karena itu YOTers dapat mengirimkan pesan reminder/ pengingat kepada anggota kelompok pada jangka waktu tertentu sebelum deadline, seperti 5 hari sebelum deadline, kemudian 3 hari sebelum deadline, atau 1 hari sebelumnya.

Demikian tips dari saya dan kelompok saya mengenai tips untuk menyelesaikan tugas kelompok dengan lancar. Adakah YOTers yang punya tips tambahan?

Nadia Azka/ @nadiaazka
YOT CA Batch 4
Institut Pertanian Bogor

By Nadia Azka,
Posted 16-05-2014 read:298

Related Notes

Sebagai anak muda, YOTers pasti punya banyak kegiatan seperti mengerjakan tugas kuliah, organisasi dalam maupun…
By Nadia Azka
Halo YOTers! Akhir-akhir ini saya sedang banyak tugas kuliah di kampus dan seluruh tugas tersebut…
By Nadia Azka
#TGFTD - 200313 - Wednesday Edge 'I'm on the edge.. ' Suatu saat, mungkin, kita…
By Febriyan Lukito
YOTers, memang peringatan Hari Buku Sedunia tak semeriah peringatan Hari Kartini yang baru saja kita…
By Devina Wulandari
Semangat Pagi   Sahabat yang berbahagia, bagaimana kabar hari ini? saya yakin weekend ini sahabat…
By riki