DIAGRAM 1

Model satu-pilar-empat-sisi ini menunjukkan ke tidakseimbangan seseorang secara instan, apakah itu datang dari sisi Spiritual dan/atau dari sisi Intelektual / Sosial / Fisik.

Mengapa tes tersebut saya namakan TKP? Karena arti lain TKP adalah: "Tempat Kejadian Perkara". Seperti kita ketahui, semua masalah yang dihadapi seseorang, mayoritas berasal dari individu itu sendiri. Dalam kata lain, untuk memecahkan masalah yang ada, individu tersebut harus mengerti Tempat Kejadian Perkara (TKP), yaitu dirinya sendiri.

TKP bukanlah sebuah solusi, melainkan sebuah langkah awal untuk seseorang menjadi pribadi yang lebih seimbang. Karena hanya keseimbangan lah yang bisa mendukung Goal-setting dan success maintenance seseorang.

Ibarat orang yg ingin naik tangga menuju sukses, orang tersebut harus mulai dari lantai dasar (dirinya sendiri), dalam posisi relatif seimbang. Ga ada orang yang bisa naik tangga mulai dari lantai lima, kecuali anda Superman (and Superman is not real). 

TKP akhirnya saya launching di bulan Juli 2012. Sampai dengan akhir Juni 2013, tercatat 24,598 pengambil tes. Dari angka ini, hanya 40% yang menyelesaikan tes dari awal sampai akhir. Dari +/- 10,000 orang yg menyelesaikan TKP, berikut adalah nilai rata-rata (diagram 1):

Demografis umur data pengambil TKP (versi bahasa Indonesia) selama kurun 1 tahun adalah sbb:

 

Saya cukup terkejut lihat data ini. Dengan mayoritas (70%) pengambil tes berada di rentang umur 17-30 tahun, sample group ini me-representasikan masa depan bangsa kita. 

 

Apakah bentuk pilar generasi muda seperti ini cukup kokoh untuk menopang masa depan Indonesia?

Tentunya masih banyak analisa yang perlu dilakukan sebelum menjawab pertanyaan di atas.

Ini membawa saya kembali ke Billy. Dari sekian banyak orang yang saya kenal, Billy adalah salah satu yang relatif seimbang secara Spiritual-Intelektual-Sosial-Fisik.

 

Bedanya Billy dengan teman saya yang lain?  Dia terbuka dan rajin menyebar luaskan "balanced-value" ini melalui social media influence nya.

Saya bertemu dengan Billy lagi di bulan Maret tahun ini, dan membicarakan hasil TKP dari 20,000 peserta (saat itu). Billy menyatakan dia akan minta semua YOTers untuk ambil TKP, untuk membantu generasi muda Indonesia mengambil langkah pertama untuk menuju ON TOP, yaitu dengan menganalisa keseimbangan diri nya dahulu.

Selama 1 tahun pertama (Juli 2012 - Juni 2013), TKP saya sediakan gratis, di mana biaya operasional, pembuatan tes dengan tim psikolog/profesonal, staf dan lain lain, saya keluarkan dari kocek sendiri. Billy pun sudah banyak mengeluarkan biaya untuk membangun YOT sampai hari ini. Untuk membantu subsidi biaya berjalan ke depan nya, kami memutuskan untuk menyediakan TKP melalui YOT website, dengan harga Rp.9,975 / tes. 

Mengapa Rp.9,975? Karena ini lebih murah dari sebungkus rokok, lebih murah dari kentang goreng di restoran cepat saji, dan yang pasti, lebih bisa dipakai oleh sang pengambil tes untuk membuat road-map masa depan.

Saya sempat tanya sama Billy:

"YOTers mau gak tuh bayar Rp.9,975 untuk ambil TKP?"

Jawaban khas Billy:

"Gue tau Tes TKP loe ini ga gampang buatnya, dan testimonial positif juga udah ribuan. Kalau 9 ribu-an aja ga mau bayar, mereka bukan YOTers!"

Jika memang ada yang benar-benar tidak mampu membayar Rp.9,975 untuk TKP, kami berdua juga akan menyediakan kode TKP Gratis dari waktu ke waktu, melalui quiz quiz baik dari twitter @BillyBoen dan @youngontop dan @balpil (yang mau gratis harap pantau ke tiga twitter account ini) dan melalui YOT Kaskus Community di Kaskus http://yotkc.kaskus.com

Selain itu, buku “PSP – Pilar Sukses Pribadi” yang menjadi dasar pembuatan TKP, bisa anda unduh GRATIS (versi PDF) melalui www.balpil.com/ebook

Apakah anda merasa ada yang kurang sreg dari hidup anda?

Mungkin kah ada imbalance dari sisi spiritual / intelektual / sosial / fisik anda, yang selama ini menghambat kemajuan anda menuju ON TOP?

Find out your strength and weaknesses through TKP.

It costs less than a box of cigarettes!

Salam seimbang!

-Holip Soekawan

www.youngontop.com/balpil

Kata penutup dari Billy Boen: "Tidak ada orang yang bisa sukses kalau dia tidak mengenal diri sendiri, hidup tidak seimbang, dan tidak bekerja keras. TKP adalah langkah awal dalam pencapainan mimpi besar anda."

" /> Youngontop -

Detail Notes

Related Notes

Hai YOTers, pastinya kita sering banget nih berhadapan dengan UTS dan UAS kan? Nah sering…
By saras ayu virananda
Bekal makanan tidak hanya dibawa oleh anak-anak kecil saja. Siswa-siswi sekolah menengah, mahasiswa, bahkan pekerja…
By Nadia Azka
Indonesia terletak pada 7°LU – 12°LS dan 94°BT – 142°BT yang merupakan daerah khatulistiwa atau…
By Galih Sang Surya Buana
KEMENANGANKU   By: Abhotneo       Kusadari apa yang terjadi semua   Dalam hidup…
By Abhotneo
  Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi sangat membantu manusia untuk berkomunikasi satu sama lain. Kalau…
By Bella Bernadette