Detail Notes

Role of Youth in facing AFTA 2015


YOTers, kita sekarang berada di tahun 2014. Hal itu berarti kurang dari satu tahun lagi, kita akan menghadapi AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang telah dicanangkan pada tahun 2015. Pertanyaannya, sudah siapkah kita menghadapi hal tersebut?

Beragam jawaban dapat muncul dari masing-masing kita. Tapi, pada faktanya, pemerintah kita sendiri pun masih belum bisa memberikan kepastian akan kesiapan mereka dalam menghadapi pesta perdagangan bebas tahun 2015 nanti. Lalu, apa peran kita sebagai anak muda, YOTers? Pedulikah kita akan nasib masa depan bangsa ini? Atau kita hanya memilih diam dan berpangku tangan pada pemerintah dan pejabat negara yang akhir-akhir ini mulai tercium kebusukkannya dari korupsi dan penyelewengan-penyelewengan kebijakkan yang seharusnya dibuat untuk kepentingan rakyat?

Peduli dan peka terhadap permasalahan bangsa ini adalah sikap yang seharusnya dimiliki anak muda zaman sekarang. Mengapa? Karena, kita adalah calon-calon pemimpin muda yang akan menjadi juru kunci masa depan bangsa ke depannya. Jika kita hanya mementingkan diri kita sendiri, mengeluh jika ada kekurangan di tubuh pemerintah, fasilitas kendaraan umum yang mengecewakan, oknum-oknum liar, apalagi hanya menyalahkan keadaaan, hal itu tidak akan membuat keadaan menjadi berubah seperti apa yang kita inginkan.

Nah, jadi berdasarkan fakta yang telah kita pahami bersama, apa sih peran anak muda dalam menghadapi AFTA 2015? Masing-masing dari kita memiliki tugas individu dari Tuhan untuk kita kontribusikan bagi bangsa ini.

Hal yang dapat kita kontribusikan untuk menyukseskan AFTA 2015 bisa kita sesuaikan dengan passion dan skill yang kita miliki. Skill yang kita miliki bervariasi kan setiap individu? Nah, hal itu dapat kita kontribusikan untuk kemajuan negara ini. Contohnya, seperti yang kita ketahui bahwa industri UMKM sedang tumbuh pesat di Indonesia. Jika YOTers punya kemampuan marketing dan komunikasi yang baik, YOTers dapat turut menjadi penggiat UMKM atau membantu mengedukasi para pelaku UMKM agar mereka dapat memasarkan produknya dengan tepat sasaran dan tidak tertipu oleh oknum pasar yang tidak bertanggungjawab.

So, YOTers ayo turut berkontribusi untuk mensukseskan AFTA 2015, khususnya di area negara kita yang tercinta, Indonesia !! :D

See You on TOP !!

 

Agnes Agatha

Young On Top Campus Ambassador

Universitas Indonesia

@agnesagatha17

 

By Agnes Agatha,
Posted 10-02-2014 read:286

Related Notes

Dear YOTers, Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan maraknya transportasi online saat ini? Seperti…
By Agnes Agatha
Buat apa susah…, Buat apa susah…, Lebih baik kita bergembira, Buat apa susah…, Buat apa…
By Agnes Agatha
Halo YOTers, saya mau curhat sedikit mengenai isi sebuah buku yang berhasil membuat saya merapikan…
By Nadia Azka
Clarissa Rizky - Young on top Campus Ambassador UI - May Article “Memang sih, kalau lagi…
By YOTCA
Beberapa hari lalu sambil menunggu dosen datang, saya dan salah satu teman sekelas berbincang santai…
By Ahmad Zulfiyan