Detail Notes

Munchausen by Proxy


YOTers tau ga apa arti dari judul artikel ini? Nama Band? Mmm bisa sih tapi bukan ituuuu.

Oke kita sharing yuk ;D

Jadi munchausen by proxy atau munchausen syndrome by proxy adalah sebuah penyakit mental (Mental disorder), dengan gejala hanya satu yaitu mencari atensi orang. Jadi singkat cerita ini adalah penyakit yang membuat penderita ingin selalu diperhatikan. Pada awalnya nama munchausen ini berawal dari kisah Baron Von Munchausen yang merupakan tentara jerman pada perang dunia 1. Boron Munchausen banyak menceritakan petualangan fantastisnya selama menjadi tentara yang akhirnya dibuat menjadi buku “The Surprising Adventure of Baron Munchausen”. Setelah buku tersebut laku keras akhirnya terbongkar bahwa kisah heroic tersebut hanyalah karangan. Hingga sekarang nama munchausen disematkan pada penyakit mental untuk mendapatkan atensi orang lain (Bahasa ringannya caper mungkin ya)

Tapi bagi penderita munchausen by proxy yang sebenarnya akan lebih parah gejalanya. Gejala paling umum adalah membuat sakit diri sendiri/ pura pura sakit agar dirawat dirumah sakit sehingga mendapat kunjungan dari yang menjenguknya.

Ditengah zaman media social ini menjadi “sedikit” sering terjadi, walau tidak separah penderita munchausen by proxy beneran. Contoh nyatanya baru baru ini ada seorang ibu di Kentucky, Amerika meracuni anaknya dengan natrium berdosis tinggi lalu memposting seluruh kondisi anaknya melalui akun twitter dan blognya. Sempat terjadi kehebohan dan simpati dari masyarakat, namun setelah ketahuan bahwa semua ini scenario dan ibunya yang meracuni maka sang ibu di jatuhi hukuman oleh pengadilan setempat.

Jadi poinnya adalah, kita selaku pengguna media social selalu lah berpikir dua kali ketika ingin mempublikasikan apapun. Karena bisa jadi postingan tersebut adalah awal dari Munchausen by proxy.

Jalani hidup apa adanya, syukuri segalanya oke? :)

By Guntur Nurcipta,
Posted 23-04-2016 read:85

Related Notes

Hallow YOTers sehat kan sehat? Puji tuhaaan haha. Nah kali ini mau bahas topik yang…
By Guntur Nurcipta
Serem gak tuh YOTers judulnya? Ahaha Ga pengen cerita panjang lebar sebenernya, bukan karena gak…
By Guntur Nurcipta
HI YOters  Pagi yang cerah seiring dengan semangat saya menceritakan betapa kecil bagian yang kita…
By adicatur
Bersyukur, ya hal itulah yang seharusnya kita lakukan sebagaimana makhluk ciptaan Tuhan. Bahwa apa yang…
By Nur Fajar Rochman
Hai YOTers! Apa kabarnya ? pastinya baik-baik saja dong :') Pada kesempatan kali ini ,…
By Fiona Valencianes