Detail Notes

Manage your time, Manage your life, Manage your career


Create your own life-carreer plan

               Suka bingung ga sih gimana meraih mimpi-mimpi kamu ? Apakah kamu mempunyai banyak hal yang disukai? Bingung memprioritaskannya? Hany pun begitu, nah, sekarang Hany sedang mencoba cara untuk menyelesaikannya. Semoga cara ini bisa membantu Hany dan teman-teman sekalian. 

               Ambillah kertas kosong, kemudian buat  2 kolom, kolom pertama tulis apa ultimate career goal kamu, dimana/seperti apa idealnya kamu ingin berkarir,apa yang kamu inginkan ketika tumbuh dewasa nanti. Kalau Hany misalnya “ I want to be a HRD Manager in ‘X’ company” atau “ I want to franchise my food and beverage business when i reach 24 years” and so on. Nah di kolom ke 2, list semua aktifitas dan proyek yang sedang kita lakukan saat ini. Tulis semua bahkan hal-hal kecil dimana kita investasikan waktu dan energi kita di dalamnya setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan.

-Start making cuts

               Sekarang sudah terisi kan 2 kolom tersebut? Kalau sudah perhatikan kembali secara teliti apa yang kita tulis di kolom 2. Apa yang kita cari adalah segala aktifitas yang membantu terealisasikannya goal kita.

               Urutkan aktifitas tersebut dengan angka, nomor 1 adalah yang paling membantu kita mencapai goal kita dan yang terakhir adalah yang paling sedikit berkontribusi terhadap tercapainya goal kita tersebut. Beberapa mungkin tidak berkontribusi sama sekali, atau malahan mengalihkan fokus kita terhadap goal kita itu sendiri. Kita harus mencoret mereka dari daftar, tetapi bukan karena kita mencoretnya, kita tidak dapat melakukan hal-hal tersebut suatu hari, just not now. Ketika kita selesai dengan list kita masing-masing, kita akan mendapatkan pandangan yang  jelas dan lebih baik tentang apa yang harus kita prioritaskan dalam hidup kita sekarang due to achieve our ultimate goal.

-Back to your list

               Gantung list yang sudah kita buat di manapun tempat yang bisa kita lihat , and follow it for a year. Setiap tahun baru , review the plan dan buat amandemen jika di perlukan. Kita boleh mempunyai goal-goal yang baru. Membuat chart karir sangat membantu terutama untuk orang-orang yang suka dan bisa melakukan banyak hal. Often, being good at many things splinters your time and focus and can inhibit you from reaching your ultimate goal. Membuat list dan melihatnya kembali akan sangat membantu.

 

Hany Syafira YOTCA Univ Bakrie

@hanysyafira

By Hany,
Posted 23-09-2012 read:653

Related Notes

Saya akan membahas tentang sedekah untuk artikel bulan ini. Mengapa? Ternyata sedekah itu ajaib loh!…
By Hany
Tiga hari yang lalu, banyak banget broadcast message yang menginfokan Jakarta akan tenggelam, dan yang…
By Hany
Pemimpin sangat identik dengan pengambilan keputusan. Peran dari seorang pemimpin ialah sebagai decision maker. Dalam…
By Ni Putu Ayu Frida Ningsih
Salah satu kunci sukses yang perlu kita pahami dan kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah…
By Gibran Qadaranta
Satu tahun sudah dilalui, Young On Top Campus Ambassador Batch 4. Bukan waktu yang singkat…
By Arfan Jatikusuma