Detail Notes

Komunitas Anda akan membentuk Anda


Hai YOTers, apa kabar?

Sadarkah YOTers jika lingkungan akan membentuk diri kita?

Saya pernah berpikir jika lingkungan (komunitas) secara tidak langsung akan membentuk karakter kita karena disana kita akan berelasi dengan orang lain. Sebuah komunitas dapat membuat diri kita menjadi positif atau negatif, tergantung dari komunitas apa yang kita pilih dan bagaimana respond kita terhadap komunitas itu sendiri. Intinya, jika ingin berkembang maka kita harus selektif memilih komunitas tersebut. Apa pun komunitas kita, yang harus dipikirkan adalah bagaimana diri kita mempelajari sebuah nilai dari sana. Misalnya jika kita sangat ingin menjadi ahli ekonomi, tidak mungkin kita bertanya kepada ilmuwan, tetapi kita harus berdiskusi dan bertukar pikiran dengan para ekonom. Makin banyak kita bertanya dan bekerja sama dalam sebuah komunitas, secara tidak langsung dan tanpa kita sadari akan menciptakan sebuah perilaku yang kurang lebih sama dengan ciri komunitas kita.

Saya pernah menonton siaran televisi dan melihat cuplikan yang menggambarkan kehidupan seseorang yang terlibat dengan narkoba. Salah satu faktor yang memberi pengaruh adalah komunitas tempatnya berada. Ia berada dalam lingkungan para pemakai narkoba, dari situ ia menjadi terpengaruh untuk mencobanya. Ada anggapan bahwa memilah milih teman itu tidak baik. Sebetulnya sah sah saja anggapan orang tersebut, namun semuanya berpulang kepada diri kita masing masing karena kitalah yang mengendalikan kehidupan kita, bukan orang lain. Konteksnya bukan diskriminatif mengkotak kotakkan memilih teman, tetapi lebih ke bagaimana kita menilai teman atau lingkungan mampu memberi nilai yang positif bagi hidup kita atau justru sebaliknya.

Apakah teman atau lingkungan YOTers membantu mengembangkan pola hidup YOTers ke arah yang positif, memotivasi YOTers, memberikan banyak pengalaman berarti dikeseharian hidup YOTers, selalu suportif atau justru ...? hanya YOTers yang tahu betul kondisi disekitar YOTers.

See you on top !

 

 

 

Regards,

Devina Wulandari

By Devina Wulandari,
Posted 12-03-2016 read:215

Related Notes

Hi YOTers, pernah menonton film Moana? Apa yang YOTers peroleh dari film tersebut? Menurut saya,…
By Devina Wulandari
Masa muda adalah masa-masa yang menyenangkan. Kita dapat belajar banyak hal dari orang-orang yang kita…
By Devina Wulandari
Halooo, YOTers... semoga sehat selalu :D, pada kesempatan ini. Saya ingin mengajak YOTers untuk hadir…
By Andi Nurzamzam Arman
Notes from Nissia Ananda (YOT CA UI), Desember 2011 Hari ini, 9 Desember, adalah hari…
By YOTCA
Hi, do you want to know what I am thinking right now? Artikel kali ini…
By Liana