Tempat Makan Di Bogor

" /> Youngontop - Ini resep gampang bikin roti unyil, makanan super lembut dari…

Detail Notes

Ini resep gampang bikin roti unyil, makanan super lembut dari…


Jika mampir ke 'kota hujan', tak lengkap rasanya bila tak mencicipi kulinernya yang khas, yaitu roti unyil. Jajanan berukuran kecil yang membuat orang ketagihan ini rupanya sudah menjadi makanan khas Bogor sejak puluhan tahun lalu, lho!

Nama roti unyil sendiri diambil dari karena ukurannya yang tidak lebih dari 5 cm. Selain itu keunikan roti ini adalah cara memakannya yang hanya sekali lahap. Isian dari roti ini pun beragam layaknya roti berukuran besar seperti keju, kismis, pisang, cokelat, keju, hingga sosis.

Di tengah maraknya selebriti yang berlomba-lomba membuat toko kue kekinian mengatasnamakan daerah tersebut, nampaknya eksistensi roti unyil tak tergeserkan sebagai salah satu makanan khas Bogor.

Namun jika kamu tidak tinggal di Bogor dan belum pernah mencobanya, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Kamu pun juga bisa mengkreasikan isinya sesuai seleramu. Yuk, intip cara membuat roti unyil yang brilio.net lansir dari cookpad, Kamis (8/2).

Bahan:
- 400 grm tepung protein tinggi
- 100 grm tepung protein rendah
- 3 butir kuning telor
- 1,5 sdt ragi permifan/mauripan/SAF
- 100 grm gula pasir
- 100 grm butter/margarin
- 250 ml susu cair UHT

Isian dan topping:
- Sosis, abon, mayones, atau bisa apa aja sesuai selera kamu.

Olesan:
- 2 butir kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara membuat:

1. Campur bahan roti jadi satu, tuangi susu cair dan mixer spiral sampai kalis.

2. Setelah kira-kira 10 menit dirasa sudah kalis, pindahkan ke wadah bersih yang sudah di oles minyak tipis, tutup dengan serbet lembap atau plastik wrap, diamkan sampai mengembang 2x lipat.

3. Setelah adonan mengembang, kempeskan dan bentuk sesuai selera, kemudian masukkan isi seperti sosis, abon sesuai keinginanmu.

4. Biarkan mengembang lagi dan oles dengan bahan olesan.

5. Panggang selama 30 menit atau sampai matang dengan suhu yang tak terlalu panas.

6. Untuk topping abon oles rata dengan mayones lalu taburi abon sapi. Roti siap disajikan deh!

Baca juga : Tempat Makan Di Bogor

By Mile,
Posted 08-03-2018 read:113

Related Notes

Pengamatan gerhana bulan total di Lembaga Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, hingga pukul 19.20…
By Mile
Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) mewakili Kementerian Agama turut memeriahkan Museum Sri Baduga Expo 2017…
By Mile
YOTers? Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Di tulisan ini, saya mau sedikit cerita, bahwa…
By Yuza Mulia
Hai YOTers, tak terasa nih sudah memasuki tahun 2016. Gimana pesta tahun baru mu? pasti…
By Kurniawati Hasjanah
Marvilika Kurnia Sarnie - YOT CA UGM - November Hai teman-teman, gue kembali lagi dengan…
By YOTCA