Detail Notes

Every step is a step.


Setiap pencapaian besar berawal dari langkah-langkah kecil yang dilakukan dengan konsisten.

My Mom pernah bilang “ You should be ambitious but dont forget to appreciate every step you make even it’s small”

Saya pernah berada di lingkungan dengan mayoritas anak muda yang sangat ambisius dan mempunyai semangat yang tinggi untuk mengejar impian mereka. Ini membuat saya juga secara alamiah ikut bersemangat untuk mengejar impian-impian saya. Namun, ada satu hal yang saya sadari dari mereka yaitu besarnya ambisius mereka membuat mereka kurang menghargai langkah yang mereka buat jika langkah itu tidak menghasilkan kesuksesan.

Saya juga pernah merasakan hal itu, saya merasa bahwa langkah yang saya buat tidak membuat hasil yang signifikan bahkan saya merasa usaha yang saya buat sia-sia. Saya pernah gagal dan berakhir dengan menyalahkan diri saya bahkan membandingkannya dengan orang lain. Namun, pada akhirnya saya sadar bahwa hasil yang sebenarnya bukan “seberapa besar langkah yang saya buat atau seberapa kuat saya membuat loncatan” tapi PROSES sebelum saya berani melangkah dan mencoba dari langkah satu ke langkah lainnya.

YOTers, kebanyakan dari kita masih meremehkan tentang loncatan-loncatan kecil kita untuk mencapai loncatan yang lebih besar. Padahal, yang terpenting dalam proses ini adalah kemampuan kita untuk menghargai effort/usaha kita untuk mencoba. Tidak ada orang lain yang mampu menyamai langkah yang kita buat sendiri karena setiap langkah adalah bentuk pencapaian diri sendiri dan sepatutnya kita menghargai setiap pencapaian yang didapat.

Mungkin kita sering membandingkan pencapaian kita dengan orang lain, bahkan kita sampai ke tahap iri hati dengan orang lain. Sebenarnya ini adalah bentuk kita tidak menghargai diri kita lohh YOTers.

Mulailah untuk fokus dengan langkah-langkah kecilmu YOTers, konsisten dan fokus adalah kuncinya. “Sometimes the smallest step in the right direction ends up being the Biggest step of your life. Tip toe if you must, but take the step.”

See You on TOP!!

 

L

By Maria Elvani Situmorang,
Posted 19-11-2015 read:235

Related Notes

Why each of us needs a convincing ‘Why’. We need to have a vision of the…
By Maria Elvani Situmorang
Keberanian adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu dengan tidak terlalu merisaukan kemungkinan-kemungkinan buruk. Aristoteles mengatakan…
By Maria Elvani Situmorang
Suatu kesempatan yang luar biasa, saya selaku YOT CA pada Monthly Meeting bulan Februari kemarin…
By Alvin Prayogo Komala
Hallo YOTers! Bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan bahagia ya. Pada artikel kali ini, saya ingin…
By Ni Luh Putu Siska Dewi
Sudah hampir 3 bulan saya tidak merasakan mentoring lagi, dan hal ini membuat saya kangen…
By saras ayu virananda