Detail Notes

Belajar dari Si Monyet


Hello YOTers, kalian pernah mendenger cerita tentang monyet yang seperti ini: “Ketika angin kencang, monyet di atas pohon tidak akan jatuh, karena mereka akan berpegangan semakin erat. Tapi ternyata ketika angin sepoi-sepoi, monyet di atas pohon akan jatuh, karena mengantuk terbuai angin.”

Nah, pelajaran apa sih yang bisa kita ambil dari cerita si monyet tersebut?

Kondisi nyaman itu terkadang bahaya! Benar!

Kondisi nyaman atau zona nyaman terkadang malah bisa menjadi bumerang bagi kita. Bisa mnjatuhkan kita. Bernadeta Kusdiantari, seorang Konsultan Experd, mengatakan bahwa zona nyaman merupakan situasi ketika kita sudah merasa nyaman dengan suatu keadaan. Target yang kita terima tidak lagi menantang kita untuk melakukan sesuatu yang lebih daripada saat ini. Seseorang yang sudah berada dalam posisi nyaman biasanya cenderung menikmati yang sudah ada dan tidak mendorong dirinya untuk meraih hal yang lebih baik lagi serta sudah merasa puas dengan keadaan saat ini.

Kembali lagi ke cerita si monyet tadi, ketika ada angin kencang, si monyet berusaha berpegang erat, erat dan semakin erat. Si monyet berusaha sekuat tenaga mengahadapi tantangan agar tidak jatuh. Sama seperti kita, kita butuh tantangan dalam hidup kita. Kita perlu menguji batasan kemampuan kita sehingga seluruh kemampuan yang dimiliki dapat teraktualisasikan dengan maksimal. Maka, terkadang perlu juga loh kita menghindari zona nyaman dengan terus menggali kemampuan  dan jangan mudah berpuas diri dengan pencapaian yang sudah ada saat ini. So, ayo kita cari tantangan untuk semakin menguatkan genggaman kita terhadap kesuksesan diri.

 

@viatun

YOT CA UNJ

By Oktaviatun Kusumarani,
Posted 18-10-2013 read:584

Related Notes

Jakarta, 10 Mei 2014. Divisi Catalyst Young On Top Campus Ambassador yang berkomitmen di bidang…
By Oktaviatun Kusumarani
Pada hari Sabtu, 26 April lalu, Young On Top Monthly Meeting kembali diadakan di Cyber…
By Oktaviatun Kusumarani
Semua orang pasti memiliki buku kesukaan mereka masing-masing, ada yang menyukai buku fiksi, buku non-fiksi,…
By Razan Izazi
Deadline pengumpulan tugas akhir sudah semakin dekat, tapi apa bisa kita selesai tepat waktu? Tidak…
By Ratna Permatasari
Selama ini kita selalu melakukan rutinitas pekerjaan Seven to Five setiap harinya. Menghadapi macet. Bos…
By Adistia Bianca Rizki