Detail Notes

Be A Good Leader


Hai YOTers, gimana kabarnya?

Kira kira hampir seminggu yang lalu kita merayakan HUT RI yang ke 71. Saya ingin sedikit bercerita, di daerah tempat saya tinggal, setiap hampir dua bulan menjelang HUT RI adalah hal yang selalu kami nanti. Mengapa? Karena biasanya kami para pemuda yang berada di lingkungan tersebut akan berkumpul. Bukan berkumpul untuk merumpi loh ya YOTers, tetapi untuk bersilaturahmi sekaligus sebagai tempat untuk saling bertukar ide atau pendapat mengenai apa yang akan kita buat dalam perayaan HUT RI pada tahun ini.

Meskipun kami jarang berkumpul secara lengkap seperti ini, namun itu tak membuat kami menjadi jauh. Saat pembentukan panitia HUT RI pun kami juga sudah paham mengenai karakter dan kemampuan dari masing masing individu, sehingga kami juga bisa saling membantu untuk bisa saling mengembangkan diri antara satu sama lain. Setelah pembentukan panitia, biasanya kami melakukan brainstorming mengenai kegiatan yang akan menjadi highlight ditahun ini. Ketika brainstorming tentu sangat banyak ide ide kreatif yang dikeluarkan sehingga kami juga harus benar benar menganalisa apakah jika ide tersebut diimplementasikan akan memberikan output yang sesuai dengan keinginan awal atau tidak. Saat brainstorming, perdebatan pun tak terhindarkan. Namun saat final diskusi hingga akhirnya memutuskan untuk mengambil satu tema terbaik, panitia lain yang telah menuangkan idenya pun bisa menerima jika saat ini usulnya masih belum bisa untuk dijalankan. Hingga hari H acara HUT RI berlangsung pun kami masih tetap kompak dan saling mengingatkan satu sama lain yang bersifat membangun.

Yang ingin saya tekankan disini adalah be a good leader is a must. Kita harus mampu menjaga kondisi teamwork supaya tetap kondusif agar bisa mendapatkan output sesuai dengan yang kita tetapkan bersama sejak awal. Perdebatan dan perbedaan pendapat pasti akan terjadi loh YOTers, namun cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan cara yang baik agar tak menyinggung dan tak menyakiti orang lain. Jika mengalami penolakan ide pun bukan berarti ide kita tak bagus, mungkin hanya belum tepat untuk diimplementasikan saat ini. Jadi, jangan pernah takut untuk tetap menyuarakan idemu ya YOTers. See you on top !

 

 

 

Regards,

Devina Wulandari

By Devina Wulandari,
Posted 23-08-2016 read:199

Related Notes

Hi YOTers, pernah menonton film Moana? Apa yang YOTers peroleh dari film tersebut? Menurut saya,…
By Devina Wulandari
Masa muda adalah masa-masa yang menyenangkan. Kita dapat belajar banyak hal dari orang-orang yang kita…
By Devina Wulandari
Hallo yoter apa kabar saat ini aku mau cerita sedikit mengenai 10.000 jam. Baru-baru ini…
By tanzhy
Semua manusia pasti berharap bisa tinggal di kampung halaman selama mungkin. Sayang, bagi sebagian orang,…
By jamila
  “Bagaimana mengawali sebuah perubahan melalui sebuah pergerakan” itu pertanyaan yg lumayan susah untuk di…
By RIANZANI